Indonesia akan punya Hari Motivasi Nasional (HARMONAS)

Hampir setiap orang menyadari, motivasi adalah bahan bakar utama untuk meraih kesuksesan. Indonesia, sebagai sebuah negara yang besar, dengan sekitar 250 juta penduduknya, tentu membutuhkan masyarakat yang termotivasi, masyarakat yang memiliki motivasi kuat untuk menjadi pribadi, keluarga, organisasi dan perusahaan yang sukses. Muaranya tentu adalah negara yang sukses, besar sekaligus kuat.

Tentu motivasi tidak datang begitu saja. Motivasi perlu dibangun, dipelihara dan ditingkatkan hingga menghasilkan prestasi puncak dalam diri seseorang. Begitu juga, motivasi sangat penting dalam organisasi. Apakah itu organisasi pemerintahan dari skala nasional hingga RT-RW ataupun organisasi swasta, semua perlu membangun sekaligus mempertahankan motivasi demi tercapainya tujuan organisasi. Sebagai bangsa, perlu kesadaran kolektif, perlunya menumbuhkembangkan motivasi positif, dalam diri setiap insan Indonesia, apalagi di era kompetisi seperti halnya MEA dewasa ini.

Untuk Itulah, Presiden Asosiasi Management Indonesia (AMA), Handi Irawan D., dalam RAKORNAS AMA, November setahun silam, mengusulkan AMA menyelenggarakan peringatan Hari Motivasi Nasional (HARMONAS). AMA Indonesia beserta seluruh jajarannya, bersama-sama menyiapkan acara deklarasi HARMONAS yang direncanakan pada 12 Agustus 2016. Acara deklarasi direncanakan akan dihadiri oleh para pejabat negara, para rektor perguruan tinggi, para pimpinan perusahaan, tokoh masyarakat, dan berbagai kalangan. Ketua Panitia HARMONAS 2016 Suhartono Chandra sekaligus Ketua Umum AMA Indonesia Chapter DKI, mengatakan bahwa panitia sangat berharap pada deklarasi Hari Motivasi Nasional Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. H. Joko Widodo berkenan hadir.

Hal menggembirakan bagi seluruh komponen bangsa tentunya, setelah ditetapkannya tanggal 12 Agustus sebagai Hari Motivasi Nasional (HARMONAS), maka sebagai bangsa kita memiliki momentum, untuk kembali membangun motivasi seluruh komponen bangsa secara bersama-sama. Semoga HARMONAS bisa memberi kontribusi secara nyata, bagi percepatan Indonesia menjadi negara maju sekaligus besar, seperti yang diramalkan banyak pihak.

Oleh: Putu Putrayasa